Senin, 15 Desember 2014

DEHIDRASI

REFERAT DEHIDRASI

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit sangat sering terjadi pada usia lanjut .Gangguan tersebut meliputi dehidrasi,hipernatremi,dan hiponatremi.Di Amerika serikat ,dehidrasi terjadi pada sekitar 7% penderita berusia lebih dari 65 tahun yang dirawat dirumah sakit dengan rerata lama rawat 14 hari dan terjadi pada 82% pasien febris yang dirawatdirumah. Dehidrasi merupakan salah satu alasan utama pasien usia lanjut dibawa ke ruang gawat darurat dan salah satu dari enam diagnosis utama yang berkaitan dengan terjadinya hendaya progresif. Jika dehidrasi tidak teratasi , angka mortalitas mencapai lebih dari 50%. Data di Indonesia diperoleh dari instalasi gawat darurat Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSUPN-CM tahun 200-2001 dimana sebanyak 45% pasien usia lanjut yang dibawa ke gawat darurat, menderita dehidrasi.

            Hipernatremia terjadi pada sekitar 1% pasien berusia lebih dari 60 tahun yang dirawat dirumah sakit dengan angka mortalitas lebih dari 40%. Weinberg at al menemukan bahwa pada 60% pasien febris yang dirawat dirumah mengalami hipernatremia atau peningkatan ratio BUN terhadap kreatinin atau keduanya dibandingkan dengan 5% pada populasi control.
            Kleinfield et al melaorkan kejadian hiponatremia pada penderita usila yang dirawat dirumah sakit sebesar 11%. Penelitian lainnya tentang mortalitas dirumah sakit, hiponatremia saat masuk rumah sakit berhubungan dengan peningkatan resiko kematian sebesar dua kali lipat. Pada penelitian selama lebih dari 1 tahun terhadap penderita yang dirawat dirumah, diketahui bahwa pada 53% kasus sedikitnya mengalami 1 kali episode hiponatremia.
            Dalam penatalaksanaan keseimbangan cairan dan elektrolit pada usila, pengertian mengenai perubahan fisiologi menjadi factor predisposisi gangguan tersebut sangat penting. Secara umum terjadi penurunan kemampuan homeostatic seiring bertambahnya usia. Secara khusus terjadi penurunan respons rasa haus terhadap kondisi hipovelemik dan hiperosmolaritas. (Ilmu Penyakit Dalam;W.Sudoyo,Aru:jilid 1 edisi ke 5)     
1.2  Tujuan
            Mengetahui lebih dalam tentang dehidrasi yang meliputi
1.Definisi
2. Jenis dehidrasi dan derajat dehidrasi
3. Gejala-gejala dehidrasi
4.Komplikasi
4. Penyebab kehilanganya cairan pada usia lanjut
5.Penatalaksanaan dehidrasi pada usia lanjut

6. Mengetahuin gangguan elektrolit


PREVIEW
GOOGLE DRIVE

DOWNLOAD
DROPBOX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menemukan masalah?
Silakan cuap cuap disini....