Jumat, 12 Desember 2014

LUKA TUSUK

REFERAT LUKA TUSUK


BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG


Luka tusuk merupakan luka yang diakibatkan oleh benda atau alat  berujung runcing dan bermata tajam atau tumpul yang terjadi dengan suatu tekanan tegak lurus atau serong dengan permukaan tubuh. 1
Beberapa bulan lalu di kota Jakarta, terjadi perampokan dimana pelaku melukai korban menggunakan pisau dengan motif dendam kepada pemilik toko. Banyak saksi mengatakan, sering melihat pelaku membeli barang di toko sembako korban. Tapi pada hari-hari sebelum kejadian, pelaku sudah jarang terlihat berbelanja di toko korban. Pada saat kejadian korban keluar dari toko dan akan mengantarkan anaknya pergi sekolah. Tiba-tiba pelaku menghadangnya dengan menodongkan sebilah pisau dan menusuknya dengan 11 tusukan, dan korban pun jatuh tersungkur. Setelah menusuk korban, maka pelaku naik ke lantai 3 dan bertemu dengan istri korban. Lalu terjadi perkelahian dengan istri korban. Akibat dari perkelahian tersebut, istri korban terkena tusukan di perut dan pelaku pun terkena tusukan di mata kanan.
Di negara Amerika, kematian akibat luka tusuk merupakan kasus pembunuhan terbesar kedua setelah pembunuhan menggunakan senjata api. Tercatat pada tahun 2011 kasus pembunuhan dengan senjata api terjadi 8.583 kasus dan penggunaan pisau terjadi 1.694 kasus.

 Hampir semua dokter pernah dipanggil ketika seseorang menderita luka. Apakah korban hidup atau mati, cedera ringan atau berat, apakah penyebab sebuah kecelakaan, pembunuhan atau bunuh diri, pemeriksaan yang dilakukan dokter tersebut mungkin memiliki kepentingan medikolegal. Tentu saja perhatian kedokteran forensik banyak terfokus pada patologi trauma yang disebabkan oleh luka itu sendiri, dan seorang dokter harus melakukan pemeriksaan yang teliti bukan hanya untuk mengobati, tapi juga untuk mengantipasi adanya komplikasi medikolegal, bahkan apabila jika muncul di kemudian hari. Hasil penemuan berdasarkan pemeriksaan yang teliti kemudian dibuat menjadi Visum et Repertum untuk kepentingan medikolegal. Bukan hanya memeriksa dan merekam dengan teliti semua penemuan dan yang didapatinya tetapi juga memberikan pendapat tentang hubungan sebab akibat, karena pemeriksaan yang menyeluruh akan menentukan proses hukum dipengadilan nanti.


 PREVIEW
GOOGLE DRIVE

DOWNLOAD
DROPBOX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menemukan masalah?
Silakan cuap cuap disini....