Senin, 12 Januari 2015

ABORTUS

REFERAT ABORTUS


BAB I
PENDAHULUAN

Abortus merupakan salah satu komplikasi terbanyak pada kehamilan yang ditandai dengan perdarahan. Seringkali perdarahan pada kehamilan muda dikaitkan dengan abortus. Pada perdarahan kehamilan muda dikenal beberapa istilah sesuai dengan pertimbangan masing-masing, tetapi setiap kali kita melihat terjadinya perdarahan pada kehamilan kita harus selalu berfikir rentang akibat dari perdarahan ini yang menyebabkan kegagalan kelangsungan kehamilan itu sendiri3. Angka kejadian abortus sukar ditentukan karena kasus abortus banyak yang tidak dilaporkan, kecuali bila sudah terjadi komplikasi. Abortus sering tidak jelas umur kehamilannya dan hanya sedikit memberikan gejala atau tanda sehingga biasanya ibu tidak melapor atau berobat. Sementara itu, dari kejadian yang diketahui, 15 – 20% merupakan abortus spontan atau kehamilan ektopik. Sekitar 5% dari pasangan yang mencoba hamil akan mengalami 2 keguguran yang berurutan, dan sekitar 1% dari pasangan mengalami 3 atau lebih keguguran yang berurutan1.
Rata-rata terjadi 114 kasus abortus per jam. Sebagian besar studi menyatakan kejadian abortus spontan antara 15 - 20% dari semua kehamilan. Kalau dikaji lebih jauh kejadian abortus sebenarnya bisa mendekai 50%. Hai ini dikarenakan tingginya angka chemical pregnancy loss yang tidak bisa diketahui pada 2 - 4 minggu setelah konsepsi. Sebagian besar kegagalan kehamilan ini dikarenakan kegagalan gamet (misalnya sperma dan disfungsi oosit)1. 

Pada 1988 Wilcox dan kawan-kawan melakukan studi terhadap 221. Perempuan yang diikuti selama 207 siklus haid total. Didapatkan total 198 kehamilan, di mana 43 (22 %) mengalami abortus sebelum saat haid berikutnya. Abortus habitualis adalah abortus yang terjadi berulang tiga kali secara berturut-turut. Kejadiannya sekitar 3 - 5%. Data dari beberapa studi menunjukkan bahwa setelah 1 kali abortus spontan, pasangan punya risiko 15% untuk mengalami keguguran lagi, sedangkan bila pernah 2 kali, risikonya akan meningkat 25%. Beberapa studi meramalkan bahwa risiko abortus setelah 3 abortus ber-urutan adalah 30 - 45%1.


PREVIEW
GOOGLE DRIVE

DOWNLOAD
DROPBOX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menemukan masalah?
Silakan cuap cuap disini....