Senin, 12 Januari 2015

KETUBAN PECAH DINI

REFERAT KETUBAN PECAH DINI

BAB I
PENDAHULUAN
Selaput ketuban yang membatasi rongga amnion terdiri atas amnion dan korion yang sangat erat  ikatannya. Lapisan ini terdiri atas beberapa sel seperti sel epitel, sel mesenkim dan sel trofoblas yang terikat erat dalam matriks kolagen. Selaput ketuban berfungsi menghasilkan air ketuban dan melindungi janin terhadap infeksi 1.
Dalam keadaan normal selaput ketuban pecah dalam proses persalinan. Ketuban pecah dini adalah keadaan  pecahnya selaput ketuban sebelum persalinan. Bila ketuban pecah dini terjadi sebelum usia kehamilan 37 minggu disebut ketuban pecah dini pada kehamilan prematur. Dalam  keadaan normal 8-10% perempuan hamil aterm akan mengalami ketuban pecah dini 1.                 
Ketuban Pecah Dini (KPD) merupakan  masalah penting dalam obstetri yang berkaitan dengan penyulit kelahiran prematur dan terjadinya infeksi korioamnionitis sampai sepsis, yang meningkatkan morbiditas dan mortalitas perinatal dan menyebabkan infeksi ibu 1.

Penyebab KPD ini pada sebagian  besar kasus tidak diketahui banyak penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa dokter  menunjukan infeksi sebagai penyebabnya. Faktor lain yang mempengaruhinya adalah kondisi sosial ekonomi rendah yang berhubungan dengan kualitas perawatan antenatal, penyakit menular seksual misalnya chlamydia trachomatis, dan nesceria gonorrhea. Selain itu infeksi yang terjadi secara langsung pada selaput ketuban, fisiologi selaput ketuban /amnion yang abnormal, servik yang inkompetensia, serta trauma oleh beberapa ahli disepakati sebagai faktor predisposisi atau penyebab terjadinya ketuban pecah dini. Trauma yang didapat misalnya hubungan seksual dan pemeriksaan dalam.



PREVIEW
GOOGLE DRIVE

DOWNLOAD
DROPBOX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menemukan masalah?
Silakan cuap cuap disini....