Senin, 12 Januari 2015

SISTEM KARDIOVASKULER FETUS INTRA UTERINE

REFERAT SISTEM KARDIOVASKULER FETUS INTRA UTERINE


BAB 1
PENDAHULUAN
Kardiovaskuler terdiri dari dua suku kata yaitu cardiac dan vaskuler. Cardiac yang berarti jantung dan vaskuler yang berarti pembuluh darah. Dalam hal ini berarti sistem kardiovaskuler adalah sistem sirkulasi darah yang terdiri dari jantung,  komponen darah dan pembuluh darah1.
Sistem kardiovaskuler merupakan suatu sistem yang secara umum berperan mengedarkan darah ke seluruh tubuh, sekaligus membawa oksigen dan zat gizi ke semua jaringan tubuh serta mengangkut semua zat buangan. Sistem ini melibatkan jantung, pembuluh darah dan darah. Jantung adalah organ berongga dan berotot yang memompa semua darah; sebanyak lebih kurang lima liter; ke seluruh tubuh sekitar satu putaran per menit atau lebih cepat di saat berolahraga. Darah mengalir melalui jaringan pembuluh yang mencapai semua bagian tubuh. Arteri membawa darah dari jantung ke pembuluh pembuluh yang lebih kecil, lalu ke kapiler-kapiler, dan kemudian berbalik memasuki jaringan vena, yang membawa darah kembali ke jantung2.
Fungsi sistem kardiovaskuler antara lain: (1) sebagai alat transportasi, mengangkut bahan-bahan yang dibutuhkan sel seperti oksigen, glukosa, dan lain-lain, serta membawa bahan sisa seperti CO2, urea untuk dibuang; (2) sebagai pengatur/regulasi, yang berperan dalam meyampaikan hormone ke organ target, serta berperan dalam regulasi suhu; (3) sebagai proteksi, ikut berperan dalam sistem imunitas tubuh dan pembekuan darah2.
Sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui sistem kardiovaskuler.  Oleh karena itu melalui judul referat “Sistem kardiovaskuler janin intrauterine” penulis akan membahas lebih mendalam mengenai jantung dan pembuluh darah pada fetus. Pada referat ini akan meliputi anatomi, cara kerja dan bagaimana sistem peredaran darah pada janin.


PREVIEW

DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menemukan masalah?
Silakan cuap cuap disini....